Tanah Terus Bergerak, Warga Karanggintung Gandrungmangu Cilacap, Desak Pemerintah Minta Kepastian Hunian

Tanah Terus Bergerak, Warga Karanggintung Gandrungmangu Cilacap, Desak Pemerintah Minta Kepastian Hunian

CILACAP - Warga di lokasi bencana pergerakan tanah di Dusun pagergunung Rt 03 rw 02 Desa Karanggintung kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap hidup dalam bayang bayang kewaspadaan, 22-11-2021

Pada malam hari warga masyarakat mengungsi ke rumah kerabat terdekat dan ke SD Karanggintung 06 yang masih dianggap relatif aman.

Selain memaksa warga untuk mengungsi, bencana pergerakan tanah yang melanda Dusun Pagergunung, Desa Karanggintung berdampak kepada bangunan. 

Rumah-rumah warga yang berdiri di atas tanah bergerak itu rusak, lantai belah serta dinding retak Beberapa rumah warga dan bangunan amblas dan retak sehingga jauh dari kata layak huni.

Puluhan warga yang tinggal di Pagergunung khususnya di wilayah Rt 03 rw 01 Desa Karanggintung merasakan bencana pergerakan tanah pada 19 Mei 2021, dan pada saat itu ada sekitar 85 jiwa mengungsi ke pengungsian yang di dirikan oleh BPBD kabupaten Cilacap, dan pergerakan tanah terjadi lagi pada 5 November 2021, dan warga terpaksa mengungsi lagi.

Sejak saat itu hingga beberapa bulan setelah retakan tanah meluas. Rumah pemukiman warga di pagergunung di Rt 03 rw 01 Desa karanggintung kecamatan Gandrungmangu kabupaten Cilacap ikut terbelah yang memaksa mereka untuk mengungsi.

Menurut warga sekitar lokasi Warsem al Guteng menceritakan ke awak media dirinya dan keluarga kalo malem pergi ke pengungsian, tapi kalo pagi hari sampai sore dirinya balik ke rumah untuk melakukan aktifitas sehari hari seperti ngasih makan ternak bercocok tanam dan sebagainya.

Menurut warga yang lain Wasad menuturkan untuk jumlah pengungsi di SD 06 Karanggintung saat ini ada 30 jiwa, sisanya mengungsi di rumah kerabat, dan ada yang merantau,

berhubung warga di sekitar itu aktifitasnya bertani jadi kalo pagi hari mereka pulang untuk beraktifitas mencari pakan ternak, dan berkebun, kalo malam hari mereka pergi ke pengungsian,

Dirinya mewakili masyarakat lainya berharap kepada pemerintah untuk segera secepatnya mengambil keputusan, karena sudah beberapa bulan ini belum ada kejelasan nasib kami mau seperti apa, dan sudah di adakan musyawarah warga dan pemdes dan kecamatan sampai dua kali, tapi sampai detik ini belum ada kepastian hunian untuk kami, dan kami sudah mengungsi dua kali.

Sementara itu Menurut Sekdes Karanggintung Aris Yulianto Dari data awal ada 85 jiwa yang mengungsi pada saat itu, sekarang tinggal 57 jiwa sisanya pergi merantau, dari jumlah terdampak 57 jiwa saat ini, 30 jiwa mengungsi ke SD 06 Karanggintung 22 Jiwa masih Tingggal di lokasi pergerakan tanah, dan 5 jiwa mengungsi di rumah saudara atau kerabat,

Sementara itu untuk bangunan yang rusak parah dan ringan total ada 24 rumah dan satu Musholah.dan rumah rusak parah sampai dengan saat ini total 10 unit dan rumah rusak ringan 14 unit, dan 1 Mushola.

Untuk langkah selanjutnya kami pemerintah desa menunggu keputusan dari pemerintah daerah kabupaten Cilacap, dan Sampai saat ini masih menunggu kajian dan langkah yang harus diambil untuk masyarakat yang terdampak."

Pihaknya dalam hal ini pemerintah Desa bersama forkopincam Gandrungmangu tidak henti hentinya selalu memonitor lokasi pergerakan tanah tersebut dan selalu menghimbau kepada warga khususnya yang terdampak pergerakan tanah untuk selalu waspada dan hati hati mengingat ini musim hujan.

Totong Setiyadi

Totong Setiyadi

Previous Article

Koramil 10/Gandrungmangu Cek Lokasi Perkembangan...

Next Article

Danramil 06/Kesugihan Pimpin Upacara Penerimaan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi verified

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono

Postingan Bulan ini: 22

Postingan Tahun ini: 140

Registered: Jul 17, 2020

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 17

Postingan Tahun ini: 110

Registered: May 25, 2021

Edi Purwanto

Edi Purwanto

Postingan Bulan ini: 13

Postingan Tahun ini: 61

Registered: Nov 8, 2021

Anton atong sugandhi

Anton atong sugandhi verified

Postingan Bulan ini: 12

Postingan Tahun ini: 24

Registered: Nov 25, 2021

Profle

Muhammad Rafico Tiyandri verified

Pandangan Umum Fraksi Kerja tentang 7 Raperda  Kab. Pangandaran Tahun 2021
Oknum Pegawai PDAM Jeneponto Diduga Rusak Trotoar Depan Hotel Valentine's
Indra Lukman dan Chairul Riski Terdepak, Ini 32 Pejabat Eselon 2 yang Dilantik Gubernur Syamsuar
Museum Buya Hamka Peringkat 2 API Award 2021 Kategori Situs Sejarah

Follow Us

Recommended Posts

Pak Bhabin Rela Jemput hingga Gendong Lansia untuk Ikuti Vaksinasi
Tony Rosyid: Warga Jakarta Berlimpah Subsidi
Anggota Koramil 05/Reban Ikut Donor Darah
Tony Rosyid: Dukung Anies, Elektabilitas Nasdem Naik
Cegah Lonjakan Covid-19 Saat Nataru, Pangdam IV/Diponegoro Gelar Talkshow